Posted in Artikel

VERTICAL AXIS TURBINE SEBAGAI ALTERNATIF GREEN ELECTRICITY PADA GEDUNG PENCAKAR LANGIT

Dewasa ini sedang ramai dibicarakan masalah green energy dimana orang berlomba lomba untuk menghasilkan energi, terutama listrik dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak terbatas. Salah satunya adalah penggunaan angin sebagai pembangkit listik, angin merupakan salah satu sumber daya yang sangat melimpah di alam, namun kita harus mengerti akan sifat sifat angin yang nantinya dapat meningkatkan opotimasi penggunaan angin sebagai pembangkit.

Ada dua jenis turbin angin yang umum digunakan saat ini, yaitu berdasarkan arah poros berputar (sumbu): turbin angin sumbu horisontal dan turbin angin sumbu vertikal.
Ukuran turbin angin bervariasi. Turbin kecil yang digunakan untuk memasok energi rumah atau bisnis mungkin memiliki kapasitas kurang dari 100 kilowatt. Beberapa turbin komersial berukuran besar mungkin memiliki kapasitas 5 juta watt, atau 5 megawatt. Turbin yang lebih besar sering dikelompokkan bersama-sama sebagi ladang angin yang memasok listrik ke jaringan listrik.

Turbin Angin Sumbu Horisontal

Kebanyakan turbin angin yang digunakan saat ini adalah tipe sumbu horisontal. Turbin angin sumbu horisontal memiliki bilah baling-baling seperti di pesawat. Sebuah turbin angin horisontal berdiri setinggi bangunan 20-lantai dan memiliki tiga pisau yang rentangnya menjangkau 200 kaki. Turbin angin terbesar di dunia memiliki baling-baling yang lebih lebih panjang dari lapangan sepak bola. Turbin angin yang tinggi dan lebar dibangun untuk menangkap lebih banyak angin.

Capture

Gambar 1

Turbin Angin Sumbu Vertikal

Capture

Gambar 2

Turbin angin sumbu vertikal memiliki bilah yang memanjang dari atas ke bawah. Turbin angin jenis ini yang paling umum adalah turbin angin Darrieus, dinamai sesuai dengan nama insinyur Perancis Georges Darrieus yang desainnya dipatenkan pada tahun 1931. Jenis turbin angin vertikal biasanya berdiri setinggi 100 meter dengan lebar 50 kaki. Turbin angin sumbu vertikal menempati porsi kecil untuk digunakan pada saat ini.

Perbedaan HAWT dan VAWT

Capture

Gambar 3

Mengapa VAWT?

  1. VAWT tidak harus ditempatkan pada arah angin dominan, jadi penempatan VAWT dapat dilakukan di arah mana saja, hal ini sangat mendukung dalam penempatan pada gedung pencakar langitm dapat dipasang di segala penjuru di gedung pencakar langit tersebut.
  2. VAWT hanya menimbulkan getaran dan kebisingan rendah, walaupun kekuranganya adalah putaran yang lebih rendah dari HAWT namun pada pemasangan di gedung bertingkat, hal ini menjadi sebuah kelebihan tersendiri. Dengan rendahnya putaran dari bilah, maka getaran dan noise yang dihasilkan oleh turbin itu sendiri akan sangat kecil dan tidak akan mengganggu lingkungan disekitar atau orang orang yang ada didalam gedung.
  3. Efisiensi VAWT lebih besar dari HAWT
  4. Pada turbin VAWT tidak ada electromagnetic interference. Hal ini sangat menguntungkan bila dipasang pada gedung bertingkat karena EI dapat merusak peralatan elektronik seperti komputer dan lainya. Dengan tidak adanya EI maka pemasangan turbin pada gedung pencakar langit tidak akan menimbulkan masalah pada peralatan elektronik di sekitarnya.
  5. Bilah bilah yang digunakan pada VAWT cenderung lebih kecil, kita tahu bahwa HAWT mempunyai bilah bilah yang sangat panjang untuk meningkatkan kapasitas penangkapan angin, namun hal itu sangat sulit diapliasikan pada gedung pencakar langit karena sedikitnya lahan, dan bila bisa pun, nilai investasi yang dikeluarkan akan sangat besar. Maka itu digunakanlah VAWT yang menggunakan bilah kecil dan lebih ringkas, walaupun kecepatan putar lebih kecil, namun bila kita memperhitungkan aspek wind flow seperti gambar 4 bukan tidak mungkin bahwa VAWT mempunyai kapasitas penangkapan yang sama besarnya.

Contoh Penggunaan VAWT pada Pearl River Tower

Pearl river adalah salah satu gedung yang berusaha untuk menjadi net-zero building, sebuah gedung yang berusaha untuk mencukupi kebutuhan energinya sendiri. Salah satu penyumban energi listriknya adalah PLTA yang menggunakan turbin vertikal. Tidak hanya menggunakan turbin angin biasa, Pearl River tower juga memperhitungkan besarnya windflow seperti gambar 4 dan 5

Capture

Gambar 4

Capture

Gambar 5

 c

 Gambar 6

c

Gambar 7

Gambar 6 merupakan jalur masuknya udara dari bagian gedung yang didalamnya terdapat turbin angin vertikal yang terlihat seperti Gambar 7

c

Gambar 8

Gambar 8 merupakan ilustrasi dari arah angin dan letak dari Turbin yang nantinya dapat menghasilkan energi listrik yang digunakan untuk mensuply gedung itu sendiri.

 Dengan mengunakan konsep yang seperti itu, dapat kita lihat dengan jelas bahwa ternyata penggunaan VAWT pada gedung pencakar langit dapat dilakukan, bahkan dengan perhitungan perhitungan lainya justru dapat menigkatkan efisiensi dan kinerja yang optimal dalam penggunaan VAWT

Rencana Kedepan

c

Bukan tidak mungkin, gedung gedung pencakar langit seperti diatas akan dipasang dengan VAWT untuk meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi ketergantungan terhadap Bahan Bakar Fosil

 Referensi

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=7&ved=0CEgQFjAG&url=http%3A%2F%2Fwww.josre.org%2Fwp-content%2Fuploads%2F2012%2F09%2FPearl-River-Case-Study-China.pdf&ei=YeZYU9icFoiNrQeShoDYBw&usg=AFQjCNEItPweO14YhdIgONLqpHy1AuONEA&sig2=VA11-Vi95UlWDurpsRJdvw&bvm=bv.65397613,d.bmk&cad=rjahttps://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=11&ved=0CHAQFjAK&url=http%3A%2F%2Fwww.armisusandi.com%2Fenergi%2FP6_ME4132.ppt&ei=yudYU7HVCoeBrgejz4DwCg&usg=AFQjCNGxGYwIE4WVbg5Ro4HifzFJYK_Fhg&sig2=MQDBGuB4MLSrBKWb8U1sfw&bvm=bv.65397613,d.bmk&cad=rja

http://www.planethijau.com/mod.php?mod=informasi&op=viewinfo&intypeid=3&infoid=7

Oleh : Richardus Gerry Bayu Novianto (Magatrika 2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s