Posted in Artikel

Three Gorges Dam,PLTA Terbesar di Dunia

Three Gorges Dam (Bendungan Tiga Ngarai) saat ini merupakan bendungan sekaligus pembangkit listrik tenaga air (PLTA) terbesar di dunia. Dibangun sepanjang 2.3 km menyebrangi Sungai Yangtze, China. Proyek ambisius ini dinilai sebagai proyek terbesar Cina sejak dibangunnya Tembok Besar Cina. Proyek pembangunan bendungan terbesar di dunia ini telah banyak menuai pro dan kontra. Kritik yang muncul terutama datang dari para ahli geologi, ahli biologi dan pemerhati lingkungan.

PLTA (Pusat listrik tenaga air) pembangkit listrik bawah tanah Three Gorges dam’di Yichang, Provinsi Hubei – China. Three Gorges Dam, proyek pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia, mulai beroperasi pada kapasitas penuh hari Rabu 4/7/2012, karena seluruh generator turbin sebanyak 32 unit telah dioperasikan. Generator pertama mulai beroperasi pada tanggal 10 Juli 2003. Bendungan itu juga memiliki dua pembangkit listrik yang lebih kecil, masing-masing memiliki kapasitas generatif 50.000 kilowatt (kw). PLTA ini menghasilkan listrik dengan kapasitas 22,500 MW, mengalahkan pembangkit listrik Itaipu di perbatasan Brazil-Paraguay (12,500 MW) yang selama ini menyandang predikat yang terbesar di dunia. Berikutnya yang termasuk jajaran lima besar pembangkit listrik terbesar di dunia  adalah Guri di Venezuela (10,300 MW), Grand Coulee di U.S. (6,809 MW) dan Sayano-Shushensk di Russia (6,400 MW). Dengan kapasitas sebesar itu, TGHP akan memasok kurang lebih 10% dari total ketersediaan energi di Cina Proyek Three Gorges Dam diluncurkan pada tahun 1993 dengan total anggaran pembangunan 22,5 miliar dolar AS

Three Gorges Dam juga merupakan pembangkit dengan sistem clean Energy Production. Dibandingkan dengan pembangkit listrik batubara dengan kapasitas daya listrik yang sama, TGHP akan mengurangi emisi 100 juta ton CO2, 2 juta ton SO2, 0.37 juta ton NOx dan beberapa partikulat lainnya. Hal ini akan mencegah hujan asam dan mengurangi efek rumah kaca di Asia Timur dan Central Cina. Listrik tenaga air yang dihasilkan dari TGHP setiap tahunnya akan menggantikan 50 juta ton batubara mentah yang digunakan dalam pembangkit listrik batubara.

c

Gambar1. Panorama Bendungan Three Gorges Dam

d

Gambar2. Aliran air bendungan

Berikut ini adalah gambar-gambar PLTA Three Gorges Dam

d

d

d

Three Gorges Dam Francis turbine

d

Referensi:

1.   http://en.wikipedia.org/wiki/Three_Gorges_Dam
2. http://chindonews.blogspot.com/2012/07/plta-three-gorges- dam.html
3. http://tofanhakim.wordpress.com/2010/02/20/three-gorges-dam-analisis-manfaat-dan-dampak/

Oleh: Dwiki Darmawan (Magatrika 2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s