Posted in Artikel

PEMANFAATAN TRIAC DAN ACCELEROMETER SEBAGAI PROTEKSI JARINGAN LISTRIK RUMAH PADA SAAT TERJADI GEMPA

ACCELEROMETER

Accelerometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur percepatan, mendeteksi dan mengukur getaran (vibrasi), dan mengukur percepatan akibat gravitasi. Sensor accelerometer mengukur percepatan dari 3 sumbu gerakan akibat gerakan benda.

Percepatan merupakan suatu keadaan berubahnya kecepatan terhadap waktu. Bertambahnya suatu kecepatan dalam suatu rentang waktu disebut percepatan (acceleration). Jika kecepatan semakin berkurang daripada kecepatan sebelumnya, disebut deceleration. Percepatan juga bergantung pada arah/orientasi karena merupakan penurunan kecepatan yang merupakan besaran vektor.

Image

Gambar 1. Accelerometer tipe adxl345

TRIAC

TRIAC merupakan komponen elektronika yang ekivalen dengan dua buah SCR yang disambungkan antiparalel dan kaki gate-nya disambungkan bersama. TRIAC sering dikenal sebagai Bidirectional Triode Thyristor. Ini menunjukkan sakelar dua arah yang dapat mengalirkan arus listrik ke kedua arah ketika dipicu (dihidupkan).

 Image

Gambar 2 Komponen TRIAC

Dengan bantuan sebuah mikroprosesor, triac dapat dikontrol dengan memberikan output digital yang berasal dari mikroprosesor tersebut. Pembacaan data sensor accelerometer dilakukan secara serial melalu pin SDA dan SCL pada sensor yang dihubungkan dengan pin SDA dan SCL pada mikroprosessor. Sensitivitas dari accelerometer ini ditentukan berdasarkan tipe accelerometer itu sendiri. Umumnya dinyatakan dalam satuan g. Satuan ini dapat langsung dikonversi menjadi m/s2. Selanjutnya data ini diproses oleh mikroprosesor untuk menghasilkan besaran PGA (Peak Ground Accleration). Rumusan untuk menghitunga besaran PGA ini dapat digunakan rumusan sebagai berikut :

 Image

Nilai PGA berkaitan dengan tingkatan MMI yang dihasilkan, yaitu :

Image

MMI ialah singakatan dari Mercalli Intensity Scale yang menunjukkan intensitas gempa yang sedang terjadi. Hubungan Mercalli Intensity Scale dengan besaran skala richter gempa dapat dilihat pada tabel dibawah ini:

Image

Image

TRIAC yang dipasang pada sumber listrik akan berkoordinasi dengan mikroposesor, sehingga saat accelerometer membaca sebuah getaran yang melebihi nilai set poinnya maka mikroposesor akan memberikan logika untuk memutus aliran arus  pada jaringan listrik rumah.

Referensi:

S. Zhang, C. Yuan, and V. Zhang, “Handwritten character recognition using orientation quantization based on 3-D accelerometer,” presented at the 5th Annu. Int. Conf. Ubiquitous Systems, Jul. 25th, 2008.

oleh: Riza Fauzi Rahman, Teja Murti Endra Kumala, dan Fulki Kautsar (Magatrika 2011)

Divisi Power Electronic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s