Posted in Artikel

Amorphous Metal core Distribution Transformers (AMDT),Trafo Distribusi Efisiensi Tinggi

Trafo distribusi  merupakan suatu  peralatan  yang  sangat  vital  yang  berfungi menurunkan tegangan pada sistem distribusi ke tegangan yang digunakan oleh pelanggan.Seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada trafo yang memiliki sifat ideal karena pada trafo terdapat rugi-rugi,salah satunya adalah rugi-rugi inti.

Studi tentang sistem distribusi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa sekitar 60% dari rugi-rugi pada sistem distribusi diakibatkan oleh trafo distribusi, 80 % disebabkan oleh rugi-rugi inti pada trafo distribusi atau sekitar 45% dari total rugi-rugi pada sistem. Trafo berkapasitas 25 KVA satu fase yang dibuat dengan inti berbahan besi atau baja dengan silikon modern akan memiliki sekitar 60 watt rugi-rugi inti, sedangkan unit yang sama dengan inti berbahan logam amorf akan memiliki 20 Watt rugi-rugi inti.

Logam Amorf

Campuran logam biasanya memiliki struktur atom kristal di mana atom-atom individu tersusun dalam pola yang berurutan dan berulang-ulang. Tapi logam amorf adalah bahan logam dengan struktur atom yang berubah-ubah. Campuran logam amorf cenderung lebih kuat dari campuran logam kristal dengan komposisi kimia yang mirip. Dalam beberapa tahun terakhir perubahan besar telah dilakukan pada industri tenaga listrik global. Sekarang inti logam amorf telah menarik perhatian dengan fungsinya untuk aplikasi trafo distribusi.

 cccc

Amorphous Metal core Distribution Transformers (AMDT)

Amorphous Metal core Distribution Transformers (AMDT) adalah jenis trafo hemat energi yang dapat ditemukan pada jaringan listrik negara maju dan berkembang. Inti magnetik trafo ini dibuat dengan logam amorf feromagnetik yang mengandung unsur-unsur seperti besi, boron, silikon, atau  fosfor . Bahan-bahan ini memiliki kerentanan magnet yang tinggi , dengan koersivitas rendah dan hambatan listrik yang tinggi. Resistansi yang tinggi menyebabkan rugi-rugi arus eddy yang rendah ketika mengalami selang medan magnet , sebuah sifat utama pada trafo.AMDT ini meiliki rugi-rugi inti 70-80 % lebih sedikit dibandingkan dengan core berbahan kristal. Hal ini menyebabkan penurunan kebutuhan pembangkitan tenaga listrik dan apabila menggunakan tenaga listrik yang dihasilkan dari bahan bakar fosil dapat mengurangi emisi karbon dioksida. AMDT elah banyak digunakan oleh negara-negara berkembang dan negara besar seperti China dan India di mana konservasi energi dan pengurangan emisi karbon dioksida telah menjadi prioritas bagi negara-negara tersebut. Dengan memanfaatkan teknologi ini maka kedua negara dapat berpotensi menghemat 25-30 TWh listrik per tahun , menghilangkan investasi pembangkitan hingga 6-8 GW, dan mengurangi 20-30 juta ton emisi karbon dioksida.

Sebagai salah satu program utama untuk meningkatkan efisiensi jaringan , China telah mulai memasang AMDT di pusat energi di sejumlah provinsi sejak tahun 2005 . Trafo dengn kapasitas lebih dari 20.000 MVA tersebut dipasang sepanjang tahun.Hal ini juga telah menambah keberhasilan pengembangan dan produksi pita logam amorf di Cina .

cccc

Amorphous Metal core Distribution Transformers (AMDT)

Referensi:

  1. Soltanzadeh, K. Tavakoli, A. ; Arbab, P.B.”Effects of Amorphous Core Distribution Transformers in Improvement the functioning of the Electricity Distribution System)” Proceedings of 17th Conference on Electrical Power Distribution Networks (EPDC), 2012
  2. Carlen, M. Xu, D. ; Clausen, J. ; Nunn, T. ; Ramanan, V.R. ; Getson, D.M. “Ultra High Efficiency Distribution Transformers” Transmission and Distribution Conference and Exposition, 2010 IEEE PES
  3. www.directindustry.com/prod/cg-power-systems/oil-filled-distribution-transformers-amorphous-metal-13988-433505.html

Oleh : Veby Enandes Stalony , Divisi Mesin Magatrika JTETi FT UGM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s